Rabu, 08 Juli 2020

Subdisiplin Ilmu Antropologi

SUBDISIPLIN ILMU ANTROPOLOGI 

Bidang Studi Antropologi sangat luas mulai dari mempelajari Fosil untuk memecahkan teka teki evaluasi manusia, hingga mencoba memahami pengaruh modernisasi pada masyarakat Kontemporer. Antropologi dapat dibagi menjadi Antropologi Fisik dan Antropologi Budaya.

 1. Antropologi Fisik 

Disiplin Ilmu antropologi fisik berusaha untuk memahami sifat Biologis manusia. Sehingga Antropologi Fisik disebut Antropologi Biologi ( Biological Antropology ).
 Objek Antropologi Fisik adalah 
 a. Meneliti Manusia Sebagai Makhluk Biologi
b. Mempelajari Manusia dari Unsur lahiriahnya dengan cara yang mendalam
c. Menyelidiki asal usul manusia, perkembangan evolusi organic, dan struktur tubuh.
d. Menyelidiki asal – usul kelompok – kelompok manusia ( RAS) Secara Historis, ada dua fokus utama antropologi fisik yaitu Evolusi Manusia dan Variasi Manusia. Evolusi Manusia tentang asal usul manusia, Variasi manusia tentang populasi manusia sekarang yang beranekaragam secara Biologis.
Cabang – cabang Ilmu Antropologi Fisik adalah 
  Paleontologi ialah Studi tentang Bentuk bentuk kehidupan atau geologi yang ada pada zaman prasejarah yang diwakili oleh fosil tanaman, hewan, dan Organisme lainnya 
 Somatologi ialah ilmu yang mempelajari keberagaman Ras manusia dengan mengamati ciri ciri fisik. 

2. Antropologi Budaya 

Antropologi budaya adalah cabang dari antropologi umum yang menyelidiki kebudayaan di berbagai bangsa di dunia, baik dimasa lalu maupun dimasa sekarang. 
Aspek aspeknya meliputi sebagai berikut
 a. Masalah Sejarah asal, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa yang diucapkan manusia di seluruh dunia 
b. Masalah Perkembangan, Penyebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan di seluruh dunia 
c. Masalah asas asas kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat dari semua suku bangsa yang tersebar di seluruh muka bumi. Bagi seorang antropolog, istilah kebudayaan mengacu pada cara berpikir dan berperilaku yang lazim dari suatu populasi atau masyarakat tertentu. 7 Unsur Kebudayaan menurut koentjaraningrat yaitu Bahasa, Religi, Kesenian, Teknologi, Sistem kekerabatan, Mata Pencarian, dan Pendidikan. 

Antropologi Budaya terbagi atas disiplin ilmu utama yaitu 
  Arkeologi yaitu ilmu yang mempelajari sisa sisa peninggalan budaya masa lalu untuk mengenal kehidupan masyarakat yang menciptakan kebudayaan itu. ilmu ini juga merekonstruksi tingkah laku mereka dan perubahan kebudayaan mereka. Objek penyelidikan dalam penelitian arkeologi adalah artefak. Penyelidikan arkeologi bersumber pada pengethuan modern tentang kebudayaan prasejarah, kebudayaan kuno, dan kebudayaan yang telah punah.
 Antropologi Linguistik yaitu studi komperatif tentang bagaimana suatu bahasa merefleksikan dan memengaruhi kehidupan social. Ilmu ini mengeksplorasi cara dimana praktik praktik bahasa menentukan pola komunikasi, merumuskan kategori identitas social dan keanggotaan kelompok, mengorganisasi keyakinan budaya dan ideology. Antropologi linguistic antara lain mengkaji pada asal usul bahasa dan perubahan bahasa dalam konteks social dan budaya.
 Etnologi yaitu salah satu cabang ilmu Antropologi budaya, etnologi mempelajari berbagai suku bangsa dan aspek kebudayaannya, serta hubungan antara satu bangsa dengan bangsa lainnya. Ahli etnologi menjadikan kebudayaan zaman sekarang sebagai pusat kebudayaannya. Etnologi salah satu aktivitas antropolog untuk mempelajari dan menginterpretasi Perbedaan kebudayaan. Etnologi memeriksa, menginterpretasi, menganalisa dan membandingkan hasi etnografi yaitu data yang dikumpulkan dalam masyarakat yang berbeda. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan perbedaan dan kesamaan budaya, menguji hipotesa dan membangun teori untuk memahami bagaimana system budaya dan social bekerja.

1 Komentar:

Pada 18 November 2020 pukul 18.42 , Blogger Unknown mengatakan...

Nama: I KOMANG KRSNA ADI PUTRA
NO: 10
KLS: X IIS 1
Menurut pendapat saya tentang antropologi fisik yaitu
Antropologi lahir atau berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa pada ciri-ciri fisik, adat istiadat, dan budaya etnis-etnis lain yang berbeda dari masyarakat yang dikenal di Eropa. Pada saat itu kajian antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal di suatu kawasan geografis yang sama, memiliki ciri fisik dan bahasa yang digunakan serupa, serta cara hidup yang sama.
Menurut pendapat saya tentang antropologi budaya yaitu Etnologi yaitu salah satu cabang ilmu Antropologi budaya, etnologi mempelajari berbagai suku bangsa dan aspek kebudayaannya, serta hubungan antara satu bangsa dengan bangsa lainnya. Ahli etnologi menjadikan kebudayaan zaman sekarang sebagai pusat kebudayaannya. Etnologi salah satu aktivitas antropolog untuk mempelajari dan menginterpretasi Perbedaan kebudayaan.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda