Selasa, 21 Juli 2020

Sosiologi Sebagai Ilmu


Ilmu Sosiologi Untuk Mengenal Gejala Sosial

Gejala Sosial ada disekitar Anda. Ada Gejala Sosial yang bersifat Negatif, ada pula gejala sosial yang bersifat positif. Bagaimana cara mengenal gejala sosial? Agara anda dapat mengenal Gejala sosial dengan baik, Anda memerlukan bantuan ilmu Sosiologi. Dengan Demikian anda akan mampu memahami konsep dasar ilmu Sosiologi, Fungsi Sosiologi untuk mengenal gejala sosial dan mengkaji gejala sosial dilingkungan sekitar menggunakan ilmu sosiologi.

Ilmu Sosiologi
Jika ditinjau secara Etimologis, istilah Sosiologi berasal dari bahasa latin, yaitu So’ Ilmu cius dan Logos. Socius bearti “ Teman” atau “ Kawan”.  Adapun logos berasal dari bahasa Yunani yang bearti “ Ilmu” atau “ Berbicara”. Jadi, secara harifiah Sosiologi bearti ilmu yang memperbincangkan pergaulan hidup manusia.  Tugan Menciptakan manusia sebagai Mahkluk Hidup paling Sempurna karena dikarunia akal. Akal yang dimiliki manusia dapat digunakan untuk melihat dan mengkaji berbagai realitas dalam masyarakat. Kajian atas realitas dalam masyarkat dapat menghasilkan Ilmu Pengetahuan.

Pengertian Sosiologi

Pitirim A Sorokin, Sosiologi Merupakan Ilmu Pengetahuan yang mempelajari Hubungan dan Pengaruh timpal balik antara gejala sosial dan gejala non sosial.  Hubungan dan pengaruh timbal balik antargejala sosial sosial misalnya gejala ekonomi dan moral.

Roucek dan Warren, Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan kelompok kelompok sosial.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan sosial kemasyarakatan melalui proses interkasi sosial diberbagai bidang yang saling berhubungan.
Ciri – ciri Ilmu Sosiologi
  1. Empiris Yaitu didasarkan pada obeservasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif
  2. Teoritis yaitu Selalu berusaha menyusun Abstraksi dari Hasil Observasi  yang Kongkret dilapangan.
  3. Kumulatif yaitu teori sosiologi berdasarkan teori yang sudah ada lalu diperbaiki, diperluas dan diperhalus.
  4. Nonetis yaitu Sosiologi tidak memberikan pandangan baik atau buruk terhadap suatu fakta, tetap menjelaskan fakta tersebut secara ilmiah dan mendalam.


Ciri ciri ilmu sosiologi tersebut merupakan tuntunan bagi setiap orang dalam mendalami dan menggunakan ilmu sosiologi. Apabila diterapkan dengan baik, Ilmu sosiologi dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, sikap disiplin dan tanggung jawab perlu dimiliki setiap orang dalam mempelajari suatu ilmu Pengetahuan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda