Kamis, 26 November 2020

Tugas 1.3.a.9 Koneksi Antar Media

 Tugas 1.3.a.9 Koneksi Antar Media

Salam dan Bahagia..

Ki Hajar Dewantara dalam majalah “Keloearga” tahun 1937 menyatakan sebuah frasa “peralatan pendidikan”. Beliau menjelaskan, apa yang dimaksud yaitu cara-cara mendidik yang sebetulnya ada beraneka-ragam cara namun beliau membaginya menjadi 6 cara utama sebagai berikut:

  1. Memberi contoh
  2. Pembiasaan
  3. Pengajaran
  4. Perintah, paksaan dan hukuman
  5. Laku
  6. Pengalaman lahir dan batin

Beliau menyatakan bahwa alat-alat itu tidak perlu dipergunakan semua, beliau pun menyampaikan bahwa ada yang tidak sepakat terutama dengan penggunaan cara nomor 4. Beliau pun menyatakan penggunaan cara-cara tersebut harus dihubungkan dengan jenjang usia murid.

Dari pernyataan Ki Hajar Dewantara tersebut Saya dapat ambil kesimpulan bahwa prakarsa yang Anda telah buat bersama segenap komunitas di sekolah Saya dalam bentuk rencana IA yang dimaksudkan untuk menumbuhkan murid merdeka  di sekolah, perlu diejawantahkan dalam bentuk yang beragam dan paling cocok untuk sekolah Saya.

Berikut Contoh Tugas 5 Perubahan yang akan dilaksanakan di sekolah, Rancangan Aksi Nyata yang akan saya lakukan di sekolah dan Koneksi Antarmateri dari Modul sesuai dengan Pemikiran Kihadjar Dewantara dengan dikaitan Rancangan Model BAGJA dengan Pendekatan Inkuiri Apresiatif.





Tugas yang saya kerjakan masih jauh dari kata sempurna, Semoga Bapak/Ibu guru dapat memberi masukkan agar saya dapat memperbaiki di tugas selanjutnya.

Salam dan Bahagia...

Label:

2 Komentar:

Pada 26 November 2020 pukul 20.20 , Blogger Metamorfosa mengatakan...

Mantapz

 
Pada 27 November 2020 pukul 07.05 , Blogger Ni Luh Sudewi mengatakan...

Mantap dik...

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda